Umbul Sidomukti, Ungaran Semarang

Posted on 17/02/2011

7


Umbul Sido Mukti

Wisata Umbul Sidomukti terletak di kaki Gunung Ungaran. Berangkat dari Jogjakarta menempuh waktu sekitar 3 jam. Rute jalan yang kami lewati yaitu Jogja – Magelang – Ambarawa – Ungaran. Dengan mengendarai motor matic Be*t, kita hanya menghabiskan Rp. 30000 saja. Tentunya jika menggunakan motor bebek akan lebih irit. Berangkat dari Jogja lewat perempatan Jombor lurus terus sampai kota Magelang. Pertigaan sebelum bukit Tidar belok kanan menuju arah Semarang (ada papan petunjuknya). Teruuus sampai Ambarawa, monumen Palagan Ambarawa anda ambil kiri, melewati pasar Ambarawa yang sering macet. Setelah Ambarawa anda akan disuguhi pemandangan perbukitan kebun kopi yang indah.

Sampai di Terminal Bawen anda belok kiri menuju arah Semarang. Kurang lebih 5 km lihat kiri jalan ada papan petunjuk jalan, bila lurus ke Semarang belok kiri ke Bandungan, anda sedang melewati jalan raya Bandungan-Semarang. Hati-hati melewati jalan ini, walaupun beraspal namun jalan yang berliku-liku dan menanjak menjadikan perjalanan harus ekstra hati-hati. Berjalan sekitar 5 km anda akan menemukan sebuah pasar, pasar Jimbaran. Pelankan laju kendaraan anda, lihat kanan jalan hingga anda menemukan gapura yang ada papan bertuliskan Umbul Sidomukti. Disini jalan semakin tidak bersahabat, jalan tidak lagi hanya menanjak dan berliku tetapi juga rusak. Selain keahlian berkendara, kendaraan anda juga harus dalam keadaan fit. Sebelum kesini pastikan kendaran anda sudah diservis.

Selama perjalanan menuju lokasi anda akan disuguhi pemandangan kota Ungaran dari atas pegunungan. Nanti anda akan dicegat oleh segerombolan pemuda, eit..jangan khawatir pemuda tersebut bukannya mau menjambret atau merampok anda, mereka hanya meminta sumbangan sukarela dari para wisatawan yang lewat mau ke Umbul Sidomukti. Waktu itu kami memberikan selembar uang 2 ribu rupiah, tapi anehnya walaupun judulnya sumbangan sukarela kami masih diberi uang kembalian seribu rupiah. Lanjutkan perjalanan. Jalan masih tetap rusak namun sebagian jalan ada yang bagus, tapi banyak yang jeleknya. Akhirnya sampai juga didepan gerbang masuk umbul Sidomukti. Anda akan dicegat oleh bapak-bapak, juga bukan untuk menjambret anda. Cuma meminta biaya parkir kawasan wisata. Itu kendaran roda 2 nggak tau kalo roda 4. Setelah membayar parkir kita diperbolehkan masuk, kalo kita mau ke Umbul kita pilih jalan menurun kalo mau ke Gunung Ungaran kita pilih jalan yang naik. Parkir kendaraan yang sudah disediakan.

Setelah berjalan kurang lebih 50 meter kita sampai di depan pintu masuk Umbul Sidomukti. Dipintu masuk terdapat loket pembayaran kalo cuma ingin masuk ke lokasi kita dikenakan biaya 5000 rupiah perorang, itu kalo hari senin sampai kamis. Kalau hari jumat sampai minggu atau hari libur biaya masuk menjadi 7000 rupiah perorang. Jika ingin mencoba wahana yang disediakan juga membayar di loket masuk tadi. Disana dipampang dengan jelas biaya per wahana. Wahana yang disediakan, Flying Fox Adrenaline Rp. 12000, Flying Fox Speed Rp. 7000, Marine Bridge Rp. 8000, Repelling Rp. 7000, Taman Berani Rp. 6000, ATV hari biasa Rp. 15000, ATV hari libur Rp. 20000, sewa teropong Rp. 10000. Saat itu kami hanya mencoba Flying Fox Adrenaline dan Marine Bridge. 2 tiket Flying Fox, 2 tiket Marine Bridge dan 2 tiket masuk hanya Rp. 50000. Murah kaan, :)

Bila anda tidak tertarik mencoba wahana-wahana tersebut masih ada 1 fasilitas yang gratis yaitu kolam renang. Kedalam kolam renangnya pun bervariasi sehingga dapat dinikmati segala usia. Jangan lupa bawa celana pendek sendiri dari rumah, karena kalo beli disana harganya cukup mahal. Boxer pendek saja harganya Rp. 15000 :( . Total biaya yang kami keluarkan: bensin pulang pergi Rp. 30000, sumbanga sukarela Rp. 1000, parkir Rp 2000, tiket Rp. 50000, totalnya Rp. 83000.
Tips ke Umbul Sidomukti :

  1. Usahakan sampai tujuan pagi hari, maksimal sampai disana jam 10, supaya waktu mencoba wahana kita tidak kepanasan.
  2. Bawa celana pendek sendiri, terutama kalo kita pengin berenang di kolan reneng, karena harga celana pendek disana mahal, gak bisa ditaear lagi.
  3. Usahakan datang tidak hari akhir pekan atau hari libur, karena pengunjung akan membludak.











































  4. Video

    Flying Fox Umbul Sidomukti

    Marine Bridge Umbul Sidomukti

    Kolam Renang Umbul Sidomukti

    Peta

About these ads
Posted in: Pegunungan, Pemandian