Susur Goa Pindul & Rafting Kali Oyo, Wonosari Yogyakarta

Posted on 26/01/2012

Goa Pindul & Sungai Oyo

Goa Pindul dan Kali Oyo terletak di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Berangkat dari jogja ane dan pacar ane naek motor sekitar pukul 8 pagi. Sampe tempat tujuan sekitar pukul 10. Rute yang kami tempuh dari Jogja melewati jalan wonosari, luurus terus melewati bukit bintang pathuk, kemudian urus terus menuju arah wonosari, bila ketemu bunderan dekat spbu Siyono belok kiri. Kemudian jika ketemu perempatan lampu merah budegan lurus terus, kemudian ada perempatan grogol belok kiri, ketemu SMPN 2 Karangmojo belok kiri, ada Balai desa Bejiharjo belok kanan. Nanti di gang menuju Goa Pindul ada pemuda setempat yang bakal nunjukin lokasi sekretariat Goa Pindul.

Setelah sampai ke sekretariat Goa Pindul kita langsung bertanya2 kepada sekretariat. Ternyata selain susur goa pindul dan rafting kali oyo ada juga wisata lain yaitu Caving Goa Glatik, harganya 35ribu rupiah perorang. Karena keterbatasan waktu dan biaya :D kita hanya nyobain susur goa pindul dan rafting kali oyo. Biaya susur goa pindul sendiri perorang 25ribu sedangkan rafting kali oyo 35ribu, jadi untuk dua orang kita cuma bayar 120ribu. Dengan biaya segitu kita udah dapat fasilitas pelampung rompi, ban karet, pemandu kita selama susur goa dan sepatu untuk berenang, kita juga dapat wedang jahe. Setelah memesan wahana apa saja yang bakal kita jelajahi, kita langsung ganti pakaian, pengelola juga menyediakan ruang ganti. Setelah ganti pakaian kami langsung mempersiapkan buat susur goa pindul, pakai pelampung rompi. Sebenarnya pengelola menyediakan sepatu untuk kita menyusuri goa pindul dan kali oyo, tapi kita pilih cekeran, cuma lebih nyaman aja kalo cekeran :D

Setelah semua dipersiapkan kita briefing sebentar dengan pemandu kita. Setelah briefing kita langsung menuju ke goa pindul dengan jalan kaki. Sarak Goa Pindul dari sekretariat sekitar 100m. Setelah sampai di depan goa pindul kita langsung naik ban karet. Goa Pindul sendiri panjangnya sekitar 300 meter dan membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk menjelajahi seluruh goa pindul. Memasuki goa pindul kita disajikan pemandangan yang sangat memanjakan mata. Stalagtit dan stalagmit menghiasi dinding2 goa pindul, sarang burung sriti dan kelelawar sesekali terlihat di dinding goa. Goa Pindul terbagi menjadi 3 zona, zona terang, zona remang2 dan zona gelap abadi. Di dalam goa terdapat stalagmit yang dipercaya bila seorang laki2 memegang stalagmit ini dapat menambah keperkasaan pria. Ane gak ketinggal megang2 stalagmit ini :)). Kemudian terdapat juga stalagtit yang juga dipercaya jika seorang cewek melintas dibawah staligtit ini kemudian dia ketetesan air dari stalagtit ini dia bakalan awet muda, langsung aja cewek ane ane suruh lewat dibawahnya, haha

Pemandu kita juga bercerita di dalam goa ini juga terdapat stalagtit terbesar ke 4 didunia. Emang besar banget stalagtitnya, dibutuhkan 5 orang dewasa buat njangkep stalagtit ini. Maju beberapa meter lagi terdapat stalagtit gong, bukan bentuknya yang seperti gong tetapi stalagtit ini kalo dipukul pake tangan menghasilkan suara kaya suara gong. Perjalanan hampir berakhir ketika terlihat cahaya dari mulut goa. Sebelum keluar dari goa kami berhenti sejenak dibawah jendela goa, lubang diatas goa pindul. Disitu ane sempatin buat ambyur dari atas batu dinding goa pindul. Perjalanan menyusuri goa pindul pun berakhir. Kita kembali ke sekretariat pakai mobil pick up yang memang disediakan pengelola buat nganter balik para wisatawan ke sekretariat.

Merasa menyusuri goa pindul masih kurang, ane ama pacar ane setuju buat nambah wahana lagi. Rugi jauh2 kesini cuma sebentar disini, kurang kroso, halah.. Rafting Kali Oyo, wahana itu yang selanjutnya bakal kita jelajahi. Sebenarnya kita pengen langsung nyebur ke kali oyo, tapi karena udah hampir dhuhur penjelajahan kita undur habis dhuhur dan kita juga hanya berdua. Karena kata pemandu kita, pantangan menyusuri kali oyo adalah waktu dhuhur dan buat menyusuri goa pindul tadi adalah cewek yang datang bulan, jadi kalo cewek lagi datang bulan gak boleh ikut susur goa pindul, katanyaa. Juga kalo menyusuri kali oyo minimal 5 orang. Karena kita berdua jadi kita digabungin sama kelompok lain. Sambil nunggu yang lain siap kita istirahat didepan sekretariat sambil makan cemilan yang udah kita bawa, pengelola juga memberi kita wedang jahe.

Setelah semua siap saatnya penjelajahan dimulai. Karena jaraknya lumayan jauh kalo jalan kaki, kita diantar pake mobil pick up menuju lokasi kali oyo. Kita tidak langsung diturunkan di pinggir kali oyo. Kita harus berjalan kaki melewati sawah2 buat sampe ke kali oyo. Melewati sawah2 memberikan pemandangan yang sangat indah. Langit diatas kami undah menunjukkan kalo mau turun ujan, sempat khawatir uga kalo turun hujan, takut arusnya besar juga karena ane bawa kamera buat mengabadikan momen ini. Setelah sekitar 5 menit menyusuri sawah akhirnya sampai juga dibibir kali oyo. Dibantu pemandu satu persatu kita nyemplung kali oyo dengan naik ban karet. Arus kali oyo tidak begitu deras. Perlahan lahan kita hanyut mengukuti arus kali oyo, sekali kali pemandu juga mendorong kita supaya tidak tertinggal oleh teman yang lain. Pemandangan sekitar kali oyo sungguh indah dan belum pernah ane jumpai.

Kanan kiri terlihat lipatan2 batuan karst yang sungguh menakjubkan. Air terjun kecil dari sela2 batuan menjadi penghias pemandangan kita. Setelah jauh mengikuti arus didepan terlihat air sebuah terjun kecil. Pemandu dan yang lainnya berhenti tepat disamping air terjun tersebut. Kemudian salah seorang pemandu turun dari ban karet kemudian naik keatas tebing. Ternyata dia mau ambyur dari atas tebing, tak ayal beberapa cowok yang ikut dalam penjelajahan ikut2an si pemandu utuk ambyur dari atas tebing. Tak terkecuali saya :). Karena melihat pemandu dan teman2 yang lainnya berani naik keatas untuk ambyur, saya pun gak mau melewatkan momen ini. Agak kesusahan naik tebing akhirnya saya sampe diatas tebing dan siap untuk ambyur. Waktu mau ambyur dan melihat kebawah mental saya langsung drop, tebing yang tadi saya lihat pendek ternyata cukup tinggi juga sampe menyiutkan nyali ane. Pertama kepikiran mau balik lagi nurunin tebing tanpa ambyur tapi kalo dilihat nurunin tebingnya lebih sulit daripada naiknya akhirnya ane memberanikan buat ambyur. Rasa deg2an bercampur gelisah ditambah galau melanda pikiranku.. halah.

Saking groginya terjun dari atas tebing sampe2 posisi ambyurku salah, gegerpun terasa sakit. Tiba2 hujan datang, ane bingung nyari2 plastik buat ngelindungin kamera ane. Setelah nyari2 g ketemu2 dengan terpaksa ane pake daun talas buat ngamanin kamera. Gak cuma selembar dua lembar tapi berlembar2 :)). Setalah dirasa cukup puas, perjalanan kita menjelajahi sungai oyo kita lanjutkan. Ditengah gempuran rintikan hujan kami berjuang berenang, hahaha. Hujan ini kalo menurut ane malah tambah seru tambah basah seluruh tubuh, tak ayal dinginpu:P. Setelah berjuang melawan rasa dingin akhirnya sampai juga dipenghujung perjalanan.

Setelah merapat ke dermaga :P kami langsung menuju tempat dimana kami nanti dijemput pakai mobil pick up yang tadi mengantarkan kita. Dengan membawa ban karet kita masing2 ditengah guyuran hujan yang belum reda kami melangkah dengan pasti. :)). Akhirnya kami tiba ditempatnya dimana mobilnya pun sudah menunggu kita. Perjalanan sekitar 10 menit menuju tempat sekretariat. Sampai disekretariat kami langsung menuju kamar mandi, karena sudah kedinginan, kami menggunakan kamar mandi warga karena kamar mandi yang disediakan pengelola dudah penuh semua. Habis mandi kita langsung solat di tempat yang sudah disediakan pengelola. Habis solat kami menuju sekretariat guna melunasi seluruh administrasi. Totalnya habis 120ribu rupiah, susur goa pindul 2 orang 50ribu rupiah, rafting kali oyo 2 orang 70ribu rupiah.

Setelah semuanya beres dan mengecek semua barang bawaan kamipun pulang dengan membawa segudang keseruan, keceriaan, kesenangan dan yang lebih penting menambah pengalaman kami. Ditengah guyuran hujan yang belum bosan turun kita melaju hati2 ke arah jogja. Didaerah jalan wonosari kami berhenti disebuah warung mie ayam. Porsi mie ayam diwarung ini sangat banyak, mie ayam ini pun dinamai “mie ayam uwuh” artinya mie ayam sampah. :) what a nice trip!!

Goa Pindul

Kali Oyo

Lokasi

Contact Person
085741973511

Peta Kali Oyo

untuk lebih jelasnya lihat disini