Waduk Sermo, Kalibiru, Curug Samigaluh, Kulonprogo Yogyakarta

Posted on 06/01/2012

0


Waduk Sermo, Kalibiru, Curug Samigaluh

Waduk Sermo, Kalibiru dan Curug Samigaluh terletak di kabupaten Kulonprogo yang masih dalam propinsi Yogyakarta. Berangkat dari Jogja pukul 8 pagi. Totalnya ada 13 orang dalam perjalanan ini. Setelah bersepadamotoran selama 2 jam akhirnya sampai juga ditujuan pertama kita yaitu Waduk Sermo. Waduk Sermo terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo, kurang lebih 5 km di sebelah barat kota Wates. Biaya retribusi masuk obyek wisata Rp.2000/orang + Rp.1000/motor kalo pakai motor. Disini kami hanya melihat-lihat pemandangan Waduk Sermo dari tempat parkir motor.

Setelah puas melihat-lihat pemandangan Waduk Sermo perjalanan kami lanjutkan menuju Kalibiru. Kalibiru merupakan Wisata Alam Hutan Kemasyarakatan berada di Perbukitan Menoreh Kulonprogo Yogyakarta, pada ketinggian 450 m dpl. Lokasi kawasan wisata ini terletak di sebelah barat Kota Yogyakarta dengan jarak kurang lebih 40 km, atau hanya berjarak 10 km dari Kota Wates. Lokasi Kalibiru berada dekat dengan Waduk Sermo. Sekitar 30 menit perjalanan dari Waduk Sermo. Setelah sampai dilokasi Kalibiru kami langsung memarkirkan sepeda motor yang telah tersedia disana. Kemudian dilanjutkan perjalan kaki menuju gardu pandang Kalibiru. Dari atas gardu pandang kita dapat melihat kota Jogja dan Kulonprogo dari atas.

Setelah puas dimanjakan melihat pemandangan dari gardu pandang Kalibiru, kami meneruskan perjalanan ke lokasi berikutnya yaitu Curug Samigaluh. Tapi sebelum kesana kita mampir dulu kerumahnya Wawan buat ishoma, thanks yo Wan😀 . Setelah cukup istirahat dan perut kenyang, perjalanan kami lanjutkan, Curug Samigaluh. Memakan waktu sekitar 1 jam untuk sampai kesana. Walau sempat di guyur hujan, tapi tidak melunturkan semangat kami untuk sampai ke Curug Samigaluh. Dan akhirnya sampai juga, motor kita titipkan ke salah satu rumah warga, karena lokasi Curug Samigaluh ini belum dikelola oleh pemerintah ataupun warga setempat. Perjalanan kelokasi harus di tempuh dengan jalan kaki. Melewati sawah-sawah membuat perjalanan semakin mengasikkan. Tapi anda harus berhati-hati, karena jalan masih jelek dan curam, apalagi habis hujan pasti tambah licin. Begitu melihat air terjun kami langsung nyemplung. Air yang jatuh dari ketinggian sekitar 75 meter membuat kami takjub. Gak sia-sia jauh-jauh kesini. What a nice trip🙂

Tips:
1. Sehat jasmani & rohani pengendara dan motornya😛
2. Bawa baju, celana dan pakaian dalam ganti, buat yang pengen basah-basahan di curug
3. Bawa mantol (kalo musim hujan)

Waduk Sermo















Kalibiru



























Curug Samigaluh ( Air Terjun )


























Peta Waduk Sermo

Peta Kalibiru

Peta Curug Samigaluh