Gunung Lawu, Karanganyar Jawa Tengah

Posted on 13/11/2012

lawu_64

Gunung Lawu, menurut wikipedia gunung ini tingginya 3.265 m, terletak di Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Gunung ini merupakan gunung pertama yang aku daki. Sama 7 temen kampusku Ipul, pacare Ipul, Aves, Wawan, Ali, Rohman, Mulyono, pendakian dimulai jam 15.30, kita lewat jalur pendakian Cemoro Sewu karena jalannya lumayan baik daripada jalur pendakian yang lainnya. Pada jalur pendakian ini terdapat 4 pos pemberhentian.

Pos 1 dan 2 kita lalui dengan lancar walau sithik-sithik leren😀. Jarak pos 2 dan pos 3 yang kami rasa lebih jauh dibandingkan jarak antar pos sebelumnya, membuat kita lebih banyak lerennya. Selain itu kondisi tubuh Wawan yang kecapekan dan kurang fit, ditambah lagi Wawan mengalami keseleo yang menambah lama perjalanan. Dan akhirnya sampai juga dipos 3. Disini terdapat barak yang ditutupi seng sehingga banyak pendaki yang bermalam disini.

Disini kami mendirikan tenda untuk istirahat sejenak buat melanjutkan perjalanan menuju puncak. Sampai di pos 3 ini waktu menunjukkan pukul 21.05 wib. Pukul 2 dini hari perjalanan kami lanjutkan, nbamun kali ini cuma 6 orang yang bisa ngelanjutin perjalanan, Aves n Wawan terpaksa kami tinggal di pos 3 karena kecapekan. Sampai di pos 4 sekitar pukul 4.15 dini hari. Di pos 4 kami istirahat sejenak karena ada angin badai.

Sekitar jam 5.30 kami lanjutkan perjalanan menuju puncak. Karena paranya Ipul gak kuat ngelanjutin perjalanan terpakasa yang melanjutkan perjalanan hanya kami ber empat, aku Ali, Rohman, n Mulyono. Dinginnya udara dan terjannya jalanan gak menyurutkan semangat kami menuju puncak B). Langkah kami percepat karena kami mengejar sunrise dari atas puncak. Pas matahari baru terlihat di ubun-ubun kami sudah sampai di atas puncak Hargo Dumilah. Begitu sampai langsung kami poto-poto buat bukti kita pernah ke puncak Gunung Lawu😀.

Tips :
1. Pakai pakaian yang hangat.
2. Bawa senter untuk pendakian malam hari.
3. Bawa makanan dan minuman.
4. Bawa koyo, untuk ditempel dihidung, supaya hidung gak mampet.
5. Kondisi badan yang fit.