Gunung Merapi, Selo Boyolali

Posted on 21/11/2012

0


merapi_043

Gunung Merapi, merupakan gunung berapi paling aktif di dunia. Terakhir meletus pada tanggal 25 Oktober 2010 yang menelan korban 194 jiwa. Atas ajakan dari mbah Iman, saya mbah Iman dan Pakdhe mendaki Gunung Berapi. Berangkat dari rumah sekitar pukul 10 malam dan sampai di basecamp sekitar pukul 11. Karena bertepatan malam 1 Suro/Muharam, suasana di sekitar basecamp cukup ramai, karena ada tradisi warga sekitar lereng merapi yang menceburkan kepala kerbau ke kawah Gunung Merapi.

Jalur pendakian terbilang cukup berat karena kemiringan jalan yang lumayan terjal serta bebatuan bekas letusan merapi yang membuat jalan sedikit licin, apalagi habis diguyur hujan. Namun hal ini tidak membuat kami patah semangat. Perjalanan menuju puncak merapi kami lanjutkan.

Sekitar pukul 4 pagi kami sampai di Pasar Bubrah. Disini merupakan pos terakhir sebelum sampai puncak. Ternyata sudah banyak sekali para pendaki yang mendirikan tenda di Pasar Bubrah ini. Kita sempat kesulitan mencari tempat yang rata untuk mendirikan tenda. Akhirnya kami mendapatkan lokasi yang cukup rata dan langsung mendirikan tenda untuk istirahat dan meletakkan barang kami.

Matahari pun muncul, namun karena kabut sekitar Gunung Merapi yang tebal membuat hawa semakin dingin. Sebenarnya aku pengen melanjutkan perjalanan menuju puncak yang kurang sedikit dan puncaknya pun sudah terlihat, tapi karena Pakdhe dan Mbah Iman gak mau jadi terpaksa aku juga gak ke puncak😦.