Dolan ke Gunung Purba Nglanggeran, Air Terjun Sri Gethuk, Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran, Pantai Nguyahan dan Bukit Bintang, Gunung Kidul Yogyakarta

Posted on 24/12/2012

0


Plesiran

Dolan-dolan kali ini aku bersama sahabat dekatku sejak SMA akan ke daerah yang mempunyai obyek wisata alam yang sangat banyak dan bagus-bagus, Gunung Kidul. Tidak diragukan lagi kalau Gunung Kidul mempunyai sejuta pesona alam yang sayang kalau kita tidak kesana. Acara dolan-dolan ini udah kita rencanain jauh-jauh hari. Imus sebenarnya yang ngajak aku kesana, mumpung banyak tanggal merahnya. Maklum si Imus sudah kerja di perusahaan pangan ternama di Bekasi. Dolan-dolan udah kita rencanain ke Gunung Api Purba Nglanggeran, Air Terjun Sri Gethuk, dan pantai-pantai.
Rencananya aku sama Imus aja yang dolan-dolan tp kurang afdol kalo cuma berdua, trus Imus ngajak Luluk. Kebetulan juga Luluk ada di Jogja.

Dari Klaten aku sama Imus boncengan, kita nunggu Luluk di dekat rel kereta api dekat prambanan. Kemudian kita lanjutkan perjalanan menuju wisata yang pertama kita ke Gunung APi Purba Nglanggeran. Karena dari Klaten kita lewat jalan yang langsung tembus Piyungan. Kemudian naik menuju Pathuk. Setelah sampai di depan Kantor Polisi Pathuk belok kiri, disini jalannya lebih kecil sampai ke Gunung Purba, tapi jalannya sangat alus. Tinggal mengikuti jalan aspal itu nanti juga sampai. Setelah sampai di Gunung Purba kita langsung parkir motor rus ke loket pembayaran. Untuk satu orangnya dikenakan tarif 3000 rupiah plus parkir motor 1000 rupiah. Setelah semua beres perjalanan kita lanjutkan. Untuk naik keatas jalannya udah cukup mudah karena udah dibuain semacam tangga. Namun tidak semuanya tangga. Ada juga kita harus naik batu dibantu pake seutas tali, trus yang paling seru kita ngelewatin celah diantara batu yang lebarnya cuma sekitar setengah meter, disitu kita juga harus naik tangga kayu. Akhirnya kita sampai di spot favorit pengunjung, disini kita bisa melihat hamparan sawah dan pemandangan alam yang menakjubkan. Tidak lupa kita foto-foto disini. Setelah asik foto-foto kita turun karena cuaca mendung dan gerimis, lagipula masih banyak wisata yang bakal kita datengin. Perjalanan kita lanjutkan ke obyek wisata selanjutnya yaitu Air Terjun Sri Gethuk.

Perjalanan sekitar 45menit dari Gunung Purba. Jalan menuju Sri Gethuk pun juga sudah baik, jalannya beraspal namun agak sempit. Sebelum ke air terjun kita mampir dahulu ke masjid karena udah masuk waktu solat dhuhur. Habis solat perjalan kita lanjutkan. Biaya masuk Air Terjun sendiri 5000 rupiah perorang sudah termasuk parkir. Sebelum ke Air Terjun Sri Gethuk kita mampir dulu ke Goa Rancang yang berada di dekat air terjun. Di Goa ini terdapat pohon yang sangat besar. Dari goa kita lanjutkan ke air terjun. Untuk menuju air terjun kita bisa memilih untuk jalan kaki melewati pematang sawah atau naik perahu yang dibuat sendiri oleh masyarakat. Kalo jalan kaki grais kalo naik perahu kita mesti bayar 10000 rupiah per orang bolak balik. Waktu itu kita milih naik perahu biar gak capek dan cepat sampai🙂. Kita bisa berenang disungai dibawah air terjun. Buat yang gak bisa berenang tapi pengen berenang, bisa juga nyewa rompi pelampung aau ban bua berenang. Tarif sewa pelampung atau ban saya kurang tau karena waktu itu kita gak ada yang berenang😀. Setelah asik main air di air terjun kita lanjutkan perjalan menuju pantai. Pantai yang akan kita tuju yaitu Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan.

Untuk menuju 3 pantai ini membutuhkan waktu sekitar 1jam perjalanan dari Air Terjun Sri Gethuk. Jalan menuju 3 panai ini lumayan cukup baik walau terkadang ada lobang di tengah jalan. Pantai yang pertama kita kunjungi yaitu Pantai Ngrenehan. Pantai Ngrenehan merupakan pantai tempat nelayan berlayar disini terdapat banyak kapal nelayan bersandar. Karena tempat nelayan menurunkan hasil tangkapan, bau di sekitar pantai ini kurang enak, amis😦. Tak tahan bau amis kita cepat-cepa meninggalkan panai ini. Selanjutnya kita lanjukan ke Pantai Ngobaran. Di pantai ini terdapat beberapa pura dan arca Hindu. Pantai ini cuma memiliki garis pantai yang pendek karena banyak batu-batu karang. Disini kita gak turun ke pantainya, kita cuma foto-foto di pura dan arca-arcanya. Selanjutnya kita menuju pantai selanjutnya yaitu Pantai Nguyahan. Untuk menuju pantai ini kita tinggal jalan kaki menaiki bukit sebelah pantai Ngobaran. Di pantai ini asik buat berenang, pantainya yang landai pasirnya yang putih sangat cocok buat bermandi ria😀. Karena kita kesininya sore hari kita dapat menikmati sunset walau sediki terutup awan. Sinar sunset yang indah sayang kalau tidak diabadikan. Sepasang muda mudi dengan asiknya bersenda gurau ditengah hempasan ombak laut bermadikan cahaya sunset.😛

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 17.45. Kita udahan mandinya. Kita bilas di kamar mandi. Setelah mandi kita lanjutkan perjalanan pulang, namun kita berencana berhenti sejenak di bukit bintang hanya untuk sekedar melihat pemandangan Jogja di malam hari dari atas. Sungguh pemandangan yang menakjubkan. Sambil menikmati pemandangan kami memesan jagung bakar yang dijual dekat bukit bintang, sungguh menambah kenikmatan. Setelah puas menikmati kota Jogja dari atas bukit bintang perjalanan pulang kita lanjutkan. Karena Luluk pulang ke Jogja aku dan Imus pisah dengan Luluk di Prambanan. Dolan-dolanlah🙂

Tips :
1. Bawa mantol hujan kalo pake motor dan pas musim hujan
2. Bawa baju ganti yang mau basah-basahan di air terjun maupun di pantai
3. Pake alas kaki yang sesuai, jangan pakai highheels ato sepatu cantik
4. Pake baju celana yang nyaman
5. Bawa Cemilan
6. Bawa uang😛

Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran
Plesiran

Lokasi
Gunung Api Purba


Pantai Ngrenehan, Ngobaran dan Nguyahan

Air Terjun Sri Gethuk

Video